Aulia 0-12 bulan

Catatan Perkembangan Aulia 0 - 12 Bulan baca selengkapnya


aulia 12 bulan12 bulan -
Berat 8,600 kg. Giginya dah 6 (2 seri bawah, 4 seri atas). Dah bisa berdiri sendiri sambil pegangan dikursi dan belajar merambat. Bisa merespon kalo disuruh ambil sesuatu, misalnya disuruh ambil boneka, celana dll. Bisa merespon dengan menyebut suku kata terakhir. Bisa merespon kalo dinyanyiin lagu Topi Saya Bundar (tangannya di kepala, kedada, dan berusaha untuk membentuk lingkaran bundar :P) Bisa duduk dikursi sendiri.






aulia 11 bulan11 bulan -
Berat 8,100 kg, Imunisasi Campak(2), Polio(5) dan Vitamin A. Tumbuh lagi 1 gigi seri di sebelah kiri atas. Bisa nyebut mamah tok (bukan ma-ma-mah) saat nangis sambil menatap bunda. Bisa bikin balon dari air ludah. Udah ngerti boneka kuning, biru, pink. Bisa gendong boneka dengan posisi nenen, bisa masukin-keluarin mainan kedalam kotak. Bisa suapin bunda dgn makanan yang ditangannya. Kalo dinyanyiin lagu tepuk tangan dah bisa tepuk-tangan, angkat tangan ke kepala, kepinggang, mata (berkedip), tangan di pipi, angkat tangan dan kaki.




aulia 10 bulan10 bulan -
Berat 8,000 kg. Bisa bergaya kalo di foto. Udah merespon kalo disuruh manggil ayah, bunda, kakak. Rajin 'baca buku' setiap hari. Bisa teriak-teriak kegirangan. Bisa ngedipin kedua matanya kalo di tanya "mata genit". Dah ngerti orang asing. Dah merengek minta digendong kalo liat bunda (saat digendong orang lain). Dah bisa ngabisin 1 buah jeruk manis. Suka mengobrak-abrik pakaian yang tersusun rapi. Bisa menirukan cara pake bedak, hair lotion.





aulia 9bulan9 bulan -
Berat 7,950 kg, Imunisasi Campak(1). Bisa niru orang lain (ayah makan, oma batuk dll). Bisa sun jauh kalo bunda pamit ke kantor. Kalo disuruh kipas dah bisa kipas-kipasin benda yang ada ditangannya. Dah tertarik dengan buku yang bergambar warna-warni. Bisa ngoceh ma-ma-mah, pa-pa-pah, ta-ta-tah, takennt. Bisa minum air dari gelas.






aulia 8bulan8 bulan -
Berat 7,400 kg, panjang 74 cm, lingkar kepala 44 cm. Mulai tumbuh gigi atas, dah kenal orang-orangdisekitar (bunda, ayah, oma, tante iko dll), dah bisa nunjukin mana kepala, tangan, kaki, pipi, telinga. Dah kuat duduk sendiri, dah mulai belajar berdiri, dititah, dah bisa main ciluk baa. Bisa lonjak-lonjak kegirangan kalo denger musik dangdut, dah bisa angkat tangan *dadah* kalo bunda pamit kekantor.






aulia 7bulan7 bulan -
Berat 6,900 kg. Tumbuh 2 gigi seri di bawah, bisa merayap maju dan mundur, belajar merangkak, bisa duduk sendiri tapi masih dijaga, bisa angkat tangan ke kepala kalo dinyanyiin lagu 'tepuk tangan' (...tangan dikepala, tangan di..). Dah ngerti yang namanya cicak, kucing(meong,puspa), ayam, kupu-kupu. Suka merobek kertas/koran.






aulia 6 bulan6 bulan -
Berat 6,500 kg. Tangan dah kuat menggenggam benda dari tangan kiri ke kanan, bisa duduk sendiri tanpa dipegang tapi bisa 'ambruk' kalo kelamaan :D. Ngocehnya mulai jelas, tatatahh.. mamamamah.. Bisa tepuk tangan kalo dinyanyiin lagu tepuk tangan. Suka main ludah.. brrrr..brrr.






aulia 5 bulan5 bulan -
Berat 5,800 kg. Imunisasi Hepatitis B(3). Bisa tengkurap dengan kepala tegak, guling-gulingan. Kalo telentang suka angkat kaki/paha sampe bisa emut jempol kaki sambil ngoceh hhmmaah... hhmaahh.. aaugth.. hmttt..hmtt.. aa.. aaa.. aaaa.. aaawwhhh. Sudah bisa membedakan bunda-ayah-oma. Udah bisa duduk walo masih dipegang/dijaga. Tangan sudah bisa meraih dan memegang benda didekatnya dan langsung diemut. Bisa tengkurap tapi blom sempurna, masih mentok!




aulia 4 bulan4 bulan -
Berat 5,200 kg. Imunisasi DPT(3). Mulai belajar bobok miring (kiri/kanan) sambil peluk guling, guling-gulingan ditempat tidur, mulai belajar tengkurap tapi kepala blom tegak, udah dikasih MP-Asi, kaki bisa tegak kalo dipegang berdiri. Kalo mimik susu botol tangannya dah mulai ikutan pegang botol susu. Bisa tertawa tergelak-gelak, dan sudah bereaksi (menoleh atau senyum) kalo namanya dipanggil.





aulia 3bulan3 bulan -
Berat 4,800 kg. Imunisasi DPT(2) dan Polio(4). Udah bisa tertawa ngakak kalo main ciluk baa, bisa menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, suka isep telunjuk (gantian dengan jempol), bisa digendong dengan kepala tegak, bisa lonjak-lonjak kalo digendong duduk, sering ngoceh auuu..eooo... setiap pagi (jam 3 pagi), bisa meletkan lidah, tangan udah bisa meraih benda, tapi blom bisa megang.





aulia 2 bulan2 bulan -
Berat 4,600 kg. Imunisasi DPT(1) dan Polio(3). Mata bisa mengikuti benda berwarna dan tertarik dengan benda yang berwarna-warni dan mulai mengamati tangannya sendiri (tangan kanan), mulai suka isap jempol (sebagai pelampiasan atas ketidakpuasan netek ASI bunda karena mulai berkurang). Mulai bereaksi jika dipanggil. Mulai digendong duduk (menghadap kedepan tapi kepala masih bersandar didada). Sudah kenal suara bunda. Mulai ngoceh aauu..eeoo..




aulia 1 bulan1 bulan -
Berat 4.200 kg. Imunisasi Hepatitis B(2) dan Polio(2). Udah bisa senyum, bisa menatap ke bunda, mulai mengeluarkan suara,tangan dan kaki bergerak aktif. Nenen sambil tidur (sampe 2 jam).








aulia 0 bulan0 bulan -
Berat 3,800 kg (berat lahir), panjang 52 cm. Imunisasi BCG, Hep.B(1), dan Polio(1).

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home
------------------------------------------------------------
 
about us   l   gallery   l   dunia aulia   l   home
designed by astri nugraha design studio
">